MySQL

| Sunday 29 July 2012
MySQL adalah sebuah perangkat lunakiasm manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atauDBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruhdunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawahlisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawahlisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok denganpenggunaan GPL.




Tidak sama dengan proyek-proyekseperti Apache, dimana perangkat lunak dikembangkan oleh komunitas umum, danhak cipta untuk kode sumber dimiliki oleh penulisnya masing-masing, MySQLdimiliki dan disponsori oleh sebuah perusahaan komersial Swedia MySQL AB,dimana memegang hak cipta iasm atas semua kode sumbernya. Kedua orang Swediadan satu orang Finlandia yang mendirikan MySQL AB adalah: David Axmark, AllanLarsson, dan Michael “Monty” Widenius
· RelationalDatabase Management System
MySQL adalah Relational DatabaseManagement System (RDBMS) yang didistribusikan secara gratis dibawah lisensiGPL (General Public License). Dimana setiap orang bebas untuk menggunakanMySQL, namun tidak boleh dijadikan produk turunan yang bersifat komersial.MySQL sebenarnya merupakan turunan salah satu konsep utama dalam database sejaklama, yaitu SQL (Structured Query Language). SQL adalah sebuah konseppengoperasian database, terutama untuk pemilihan atau seleksi dan pemasukandata, yang memungkinkan pengoperasian data dikerjakan dengan mudah secaraotomatis. Keandalan suatu iasm database (DBMS) dapat diketahui dari cara kerjaoptimizer-nya dalam melakukan proses perintah-perintah SQL, yang dibuat olehuser maupun program-program



aplikasinya. Sebagai database server, MySQL dapatdikatakan lebih unggul dibandingkan database server lainnya dalam query data.Hal ini terbukti untuk query yang dilakukan oleh single user, kecepatan queryMySQL ias sepuluh kali lebih cepat dari PostgreSQL dan lima kali lebih cepatdibandingkan Interbase.
· Kelebihan &Kekurangan MySQL
o Kelebihan MySQL
1. Portabilitas. MySQL dapat berjalan stabil pada berbagai sistem operasiseperti Windows, Linux, FreeBSD, Mac Os X Server, Solaris, Amiga, dan masihbanyak lagi.
2. Open Source. MySQL didistribusikan sebagai perangkat lunak sumberterbuka, dibawah lisensi GPL sehingga dapat digunakan secara gratis.
3. Multi-user. MySQL dapat digunakan oleh beberapa pengguna dalam waktuyang bersamaan tanpa mengalami masalah atau konflik.
4. Performancetuning. MySQL memiliki kecepatan yang menakjubkan dalam menanganiquery sederhana, dengan kata lain dapat memproses lebih banyak SQL per satuanwaktu.
5. Ragam tipedata. MySQL memiliki ragam tipe data yang sangat kaya, sepertisigned / unsigned integer, float, double, char, text, date, timestamp, danlain-lain.
6. Perintah danFungsi. MySQL memiliki operator dan fungsi secara penuh yangmendukung perintah Select dan Where dalam perintah (query).
7. Keamanan. MySQL memiliki beberapa lapisan keamanan seperti levelsubnetmask, nama host, dan izin akses user dengan sistem perizinan yangmendetail serta sandi terenkripsi.
8. Skalabilitasdan Pembatasan. MySQL mampu menangani basis data dalam skala besar, denganjumlah rekaman (records) lebih dari 50 juta dan 60 ribu tabel serta5 milyar baris. Selain itu batas indeks yang dapat ditampung mencapai 32 indekspada tiap tabelnya.
9. Konektivitas. MySQL dapat melakukan koneksi dengan klien menggunakanprotokol TCP/IP, Unix soket (UNIX), atau Named Pipes (NT).
10. Lokalisasi. MySQL dapat mendeteksi pesan kesalahan pada klien denganmenggunakan lebih dari dua puluh bahasa. Meski pun demikian, bahasa Indonesiabelum termasuk di dalamnya.
11. Antar Muka. MySQL memiliki antar muka (interface) terhadap berbagaiaplikasi dan bahasa pemrograman dengan menggunakan fungsi API (ApplicationProgramming Interface).
12. Klien danPeralatan. MySQL dilengkapi dengan berbagai peralatan (tool)yangdapat digunakan untuk administrasi basis data, dan padasetiap peralatan yang ada disertakan petunjuk online.
13. Struktur tabel. MySQL memiliki struktur tabel yang lebih fleksibel dalammenangani ALTER TABLE, dibandingkan basis data lainnya semacam PostgreSQLataupun Oracle.
o Kekurangan MySQL
1. Untuk koneksi ke bahasa pemrogramanvisual seperti vb, delphi, dan foxpro, mysql kurang support, karena koneksi inimenyebabkan field yang dibaca harus sesuai dengan koneksi dari program visualtersebut, dan ini yang menyebabkan mysql jarang dipakai dalam program visual.
2. Data yang ditangani belum begitubesar.
3. Dari sisi security , atau keamanan,yang agak terlalu sederhana bagi sebuah SQL Engine , meskipun tidak sesederhanaSQLite yang juga datang dari dunia Open Source dan cukup digemari para WebDeveloper.

0 comments:

Next Prev
▲Top▲